You are here:

Bruderan Purbayan

Bruderan Purbayan atau tempat pendidikan para calon  bruder sebenarnya mem iliki hubungan yang erat dengan beberapa lembaga pendidikan katolik yang berlokasi tidak jauh  dari  Bruderan yakni Susteran Fransiskanes di seberang jalan maupun dengan SD Pangudi Luhur, disebelah kiri jalan,  yang dulu juga dikenal sebagai SD Bruderan Purbayan. 

Bahkan SD ini lebih dulu berdiri pada tahun 1921 dengan nama HIS Purbayan.  Bangunan Bruderan Purbayan didirikan pada tahun 1926 atas inisiatif Pastur Hoevenaars yang membutuhkan tenaga Bruder untuk membantu tenaga bagi HIS.  Pimpinan pertama untuk Bruderan Solo, 1926,  ialah Br. Siardus yang digantikan Br. Victorinus.  Bruderan Purbayan juga memiliki peran penting dalam mengembangkan lembaga pendidikan katolik lainnya seperti MULO (1928), Hollands - Chinese School (1936) di Keprabon — HCS — Sekolah Tionghoa Belanda, Yang menjadi SMA St. Yosef, sebelum pindah di Sumber, Kerten,  Schakelschool (1932), SMP Bintang Laut (1958).

Boleh dibilang, dari rumah Bruderan inilah lahir lembaga - lembaga pendidikan berbasis Katolik di Solo. Bangunan Bruderan ini selain terdiri dari ruangan asrama, ruang tamu, perpustakaan, juga terdapat Kapel yang penuh ornamen yang menarik dan bernilais s  eni tinggi yang diambil dari cerita Alkitab.  Keutuhan Kapel sangat terjaga sampai saat ini.   Selain itu, keunikan bangunan ini adalah memiliki tiga kubah pada bangunan induk, yang diberi Salib.  Kemudian pada tepi kiri dan kanan yang terbuat dari kayu jati

 

Kategori: 

Perencanaan Ruang

Bidang Perencanaan Ruang DTRK Kota Surakarta

Pemanfaatan Ruang

Bidang Pemanfaatan Ruang - DTRK Kota Surakarta

Pengendalian Ruang

Bidang Pengendalian Ruang DTRK Kota Surakarta

Pelestarian Kawasan

Bidang Pelestarian Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya DTRK Kota Surakarta