You are here:

Eks Rumah Sakit Kadipolo

Rumah Sakit  (RS)  Kadipolo didirikan pada masa pemerintahan Sunan Paku Buwono X. Pada mulanya bangunan ini dibangun khusus untuk poliklinik para abdi dalem kraton. Karena masalah biaya, pada tahun 1948 pengolahannya diserahkan kepada Pemda Surakarta disatukan dengan pengolahan RS.  Mangkubumen dan RS.  Jebres. Namun dengan syarat bahwa keluarga kraton dan pegawai kraton yang dirawat di  RS tersebut mendapat keringanan pembiayaan.

Tahun 1960 pihak keraton menyerahkan  RS.  Kadipolo sepenuhnya termasuk investasi bangunan berikut seluruh pegawai dan perawatnya kepada Pemda Surakarta. Tanggal 1 Juli 1960 mulai dirintis penggabungan  RS.  Kadipolo dengan RS.  Jebres dan  RS.  Mangkubumen di bawah satu direktur yaitu dr. Sutedjo. Kemudian masing - masing rumah sakit mengadakan spesialisasi,  RS. Jebres untuk anak- anak, RS.  Kadipolo untuk penyakit dalam dan kandungan serta RS. Mangkubumen untuk korban kecelakaan.

1 Agustus 1976 diadakan pemindahan pasien dari RS. Kadipolo ke RS. Mangkubumen sebagai persiapan berdirinya SPK (Sekolah Pendidikan Keperawatan). Pemindahan pasien selesai sampai awal April 1977. 24 April 1977 SPK resmi berdiri dengan menempati bangunan RS. Kadipolo. Sejak tahun 1985 bangunan tersebut menjadi milik klub sepak bola Arseto sebagi tempat tingal dan  mess  bagi para pemain Arseto Solo. Namun kini sebagian besar bangunan dibiarkan kosong t ak terawat.

 

Kategori: 

Perencanaan Ruang

Bidang Perencanaan Ruang DTRK Kota Surakarta

Pemanfaatan Ruang

Bidang Pemanfaatan Ruang - DTRK Kota Surakarta

Pengendalian Ruang

Bidang Pengendalian Ruang DTRK Kota Surakarta

Pelestarian Kawasan

Bidang Pelestarian Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya DTRK Kota Surakarta