You are here:

Gereja St Antonius Purbayan

Sebelum tahun 1859 Gereja Katholik Surakarta dilayani langsung dari Semarang. Tanggal 29 Oktober 1905 Rm. Cornelis Stiphout SJ dari  Pastoran Ambarawa, mendapat ijin mendirikan Gereja di kota Solo. Usaha ini berhasil. Dalam kondisi darurat, karena gereja belum selesai di bangun Pada Nopember 1916 Gereja St. Antonius Purbayan berdiri di Surakarta dengan surat pengangkatan tahun 1918. Romo C. Stiphout SJ diangkat sebagai Pastor Paroki yang Pertama di Gereja  St. Antonius.

Gereja Katolik St. Antonius merupakan gereja Katolik pertama dan yang tertua di Surakarta.  Gereja ini juga dikenal sebagai Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan. Bangunan  gereja ini belum pernah berubah fungsinya hingga saat ini  sebagai tempat peribadatan umat Katolik. 

Pada (1986 - 1988) Gereja ini pernah dilakukan pemugaran dan pelebaran pada sisi dalam tanpa mengurangi sisi historis  dan fungsi bangunan. Karena l etak geraja yang sangat strategis, disebelah Balaikota Surakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat perdagangan Pasar Gedhe Hardjonagoro, menjadikan gereja ini sering dikunjungi umat Katolik dari luar kota.  Disamping itu letak atau lokasi gereja ini juga berada pada kawasan bangunan- bangunan kuno yang dilindungi, seperti Pasar Gedhe, Benteng Vasternberg, Kraton, dan bekas Hotel Yuliana yang kini ditempati kantor CMP Kota Surakarta.

Kategori: 

Perencanaan Ruang

Bidang Perencanaan Ruang DTRK Kota Surakarta

Pemanfaatan Ruang

Bidang Pemanfaatan Ruang - DTRK Kota Surakarta

Pengendalian Ruang

Bidang Pengendalian Ruang DTRK Kota Surakarta

Pelestarian Kawasan

Bidang Pelestarian Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya DTRK Kota Surakarta