You are here:

Publikasi Pemetaan dan Review Jalan Kecamatan Jebres

         Surakarta merupakan kota di Jawa Tengah yang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Perkembangan ini tentunya dimbangi dengan pertumbungan prasarana dan sarana yang menunjang aktifitas kota. Salah satu prasarana dan sarana tersebut adalah perkembangan jaringan jalan. Kota Surakarta terdiri dari 5 kecamatan, yaitu kecamatan Laweyan, Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Jebres, Kecamatan Pasar Kliwon dan Kecamatan Serengan. Salah satu kecamatan yang memiliki perkembangan pesat adalah Kecamatan Jebres. Kecamatan Jebres merupakan kecamatan terluas kedua di Surakarta setelah Kecamatan Banjarsari. Luas Kecamatan Jebres adalah 1258,18 ha (BPS, 2011). Keberadaan Universitas Sebelas Maret, Institut Seni Indonesia, dan Solo Techno Park merupakan salah satu penyebab pesatnya perkembangan Kecamatan Jebres. Selain itu, pembangunan pasar Panggungrejo dan Pasar Pucangsawit juga berperan penting dalam perkembangan kegiatan ekonomi di Kecamatan Jebres. Perkembangan inipula yang menyebabkan perkembangan jaringan jalan sebagai fasilitas penunjang yang penting dalam proses perkembangan di Kecamatan Jebres semakin meningkat. Tahun 2011, BPS mencatat bahwa panjang jalan di Kecamatan jebres mencapai 109, 54 km. 
 
Tujuan kegiatan penyusunan program review jalan di Kecamatan Jebres Kota Surakarta meliputi:
 a. Membuat perangkat kerja yang efektif, aplikatif dan mudah dioperasionalkan
 b. Mereview jaringan jalan di Kecamatan Jebres meliputi perhitungan ruang pemanfaatan jalan dan ruang milik jalan.
 c. Mensinergikan dan meningkatkan kinerja institusi yang terkait dinamika kebutuhan pemanfaatan ruang pada ruas-ruas jalan melalui informasi yang integral.
 d. Adanya panduan atau acuan sebagai dasar untuk perijinan penggunaan ruang-ruang jalan di Kecamatan Jebres.
Sasaran dari kegiatan Review Jalan di Kecamatan Jebres Tahun 2013 adalah tersusunnya data jaringan jalan di Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. 
 
Untuk lebih lanjut, dokumen review jalan Kecamatan Jebres dapat diunduh disini,
 

Perencanaan Ruang

Bidang Perencanaan Ruang DTRK Kota Surakarta

Pemanfaatan Ruang

Bidang Pemanfaatan Ruang - DTRK Kota Surakarta

Pengendalian Ruang

Bidang Pengendalian Ruang DTRK Kota Surakarta

Pelestarian Kawasan

Bidang Pelestarian Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya DTRK Kota Surakarta