You are here:

Renstra DTRK Kota Surakarta 2010 - 2015

Menurut Undang – Undang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pemerintahan daerah, yang mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan, diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan, pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan suatu daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah harus lebih memperhatikan aspek – aspek hubungan antar susunan pemerintahan dan antar pemerintahan daerah, potensi dan keanekaragaman daerah, peluang dan tantangan persaingan global dengan memberikan kewenangan yang seluas-luasnya kepada daerah disertai dengan pemberian hak dan kewajiban menyelenggarakan otonomi daerah dalam kesatuan sistem penyelenggaraan pemerintahan Negara. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan good governance. Dalam mewujudkan good governance hal-hal yang perlu diperhatikan adalah pentingnya prinsip akuntabilitas, transparansi dan kewajaran, yang semuanya diawali dengan kegiatan perencanaan, salah satunya perencanaan strategis.

Perencanaan strategis sebagai salah satu metode perencanaan dalam konsep manajemen strategis merupakan alternatif untuk mengelola perubahan secara efektif dan proaktif dalam perspektif manajemen.  Rencana Strategis dapat dipandang sebagai langkah awal dalam rangka pengukuran kinerja pemerintah guna mengetahui tingkat akuntabilitas kinerjanya dalam kurun waktu 5 (lima) tahun. Perencanaan strategis memuat kreatifitas dari instansi pemerintah untuk menunjukkan bahwa pembangunan yang dilakukan akan mampu memecahkan permasalahan yang berkembang setiap waktu.

Rencana Strategis Dinas Tata Ruang Kota Tahun 2011 – 2015 merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah ( RPJM ) Kota Surakarta yang mengikat dan menjadi pedoman Dinas Tata Ruang Kota Surakarta dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintah sesuai dengan kewenangannya.
 

Perencanaan Ruang

Bidang Perencanaan Ruang DTRK Kota Surakarta

Pemanfaatan Ruang

Bidang Pemanfaatan Ruang - DTRK Kota Surakarta

Pengendalian Ruang

Bidang Pengendalian Ruang DTRK Kota Surakarta

Pelestarian Kawasan

Bidang Pelestarian Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya DTRK Kota Surakarta